Saturday, July 4, 2009

Pernyataan SBY Soal Sihir Tuai Kecaman

JAKARTA--MI: Direktur Eksekutif Pedoman Indonesia Fadjroel Rahman menilai perilaku capres Susilo Bambang Yudhoyono yang percaya dengan sihir dan hal-hal yang berbau mistis sangat menyedihkan dan memalukan.

"Sangat menyedihkan juga memalukan, SBY, seorang Presiden Indonesia yang bergelar doktor percaya ilmu sihir," ujar Fadjroel kepada Media Indonesia di Jakarta, Sabtu (4/7).

Fadjroel mengungkapkan hal ini menanggapi pernyataan SBY di hadapan Majelis Zikir SBY Nurussalam yang menyebut dirinya merasakan aura sihir dalam pemilihan presiden ini. Fadjroel mengungkapkan demokrasi dan pendidikan modern adalah sarana membangun masyarakat argumentatif, rasional, dan ilmiah. Percaya sihir dan tahayul, lanjutnya, adalah sikap irasional dan tidak mendidik.

"Bila presiden bersikap irrasional maka Doktor SBY menyeret seluruh akal sehat dan rasionalitas bangsa ke kuburan tahyul dan irrasionalitas," tukas Fadjroel.

Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengatakan Presiden Yudhoyono hanya mengungkapkan pengalaman pribadinya yang terganggu oleh hal-hal yang tidak wajar. "Pak SBY tidak mengada-ada dan bukan mengarang. Tetapi intinya adalah bahwa SBY mengajak berdoa dan berzikir untuk mendapatkan kelapangan jalan dan terbebas dari gangguan hal-hal yang tidak sewajarnya," kilah Anas. (MP/OL-06)

No comments: