Wednesday, July 22, 2009

Demokrat Upayakan Konsolidasi Pasca Pilpres

Kapanlagi.com - Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum, mengatakan, Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Demokrat di Jakarta, Rabu (22/07), bertujuan mengevaluasi pelaksanaan dan target Pilpres 2009.

"Selain itu, kami berupaya melakukan konsolidasi pasca pilpres dan pendalaman kasus-kasus pelanggaran dan kecurangan, meskipun telah menyerahkan dan mempercayakan masalah ini kepada lembaga yang berwenang," ungkapnya di Jakarta, Rabu (22/07).

Anas Urbaningrum juga mengungkapkan, dalam Rakornas Partai Demokrat itu, akan ada pembekalan dari Ketua Umum DPP Partai demokrat Hadi Utomo dan Ketua Dewan Pembina, Susilo Bambang Yudhoyono.

Khusus menyangkut upaya pendalaman kasus-kasus pelanggaran dan kecurangan pilpres, menurutnya, hal itu akan dilakukan secara detail, dan nantinya akan ada tim khusus untuk menindaklanjutinya.

Sedangkan menyangkut evaluasi target pilpres, lanjutnya, amat berkaitan dengan beberapa dinamika politik yang terus berkembang, termasuk menyangkut penguatan koalisi.

"Kami memang harus terus melakukan konsolidasi, agar bisa melahirkan suatu format politik yang semakin bagus ke depan," kata eks Ketua Umum PB HMI ini yang digadang-gadang oleh partainya untuk menjadi Ketua DPR RI periode mendatang.

Anas Urbaningrum juga mengharapkan, berbagai pelanggaran dan kecurangan dalam Pilpres 2009 bisa dituntaskan menurut aturan yang berlaku.

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Hadi Utomo mengatakan, Rapat Koordinasi Nasional itu akan membahas tiga agenda utama yaitu konsolidasi partai, evaluasi mengenai kinerja Partai Demokrat, dan menyusun berbagai program partai ke depan dalam rangka membesarkan dan memajukan Partai Demokrat.

Rakornas yang mengangkat tema "Evaluasi dan Konsolidasi Pasca Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden" itu rencananya akan dihadiri sekitar 150 orang pengurus partai, baik dari pusat maupun daerah. (kpl/bee)

No comments: