Thursday, July 9, 2009

PD Tetap Berharap SBY di 2014

INILAH.COM, Surabaya - Setelah sukses dalam Pemilu dan Pilpres 2009, Partai Demokrat langsung berbenah untuk menyongsong Pemilu dan Pilpres 2014. PD tetap berharap pada SBY untuk mendulang suara.

"Meski kami tidak bisa lagi mencalonkan lagi SBY dalam Pilpres 2014, tetapi kami yakin masih mendapat dukungan dari SBY. Bahkan jika hasil kerja periode 2009-2014 bagus, pasti juga memberi citra positif bagi Partai Demokrat," kata Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum di Surabaya, Kamis (9/7).

Kendati begit, PD akan melakukan pelembagaan organisasi dan rekrutmen kader baru. Diharapkannya langkah itu bisa memperkuat Partai Demokrat melewati masa transisi menyongsong 2014.

Anas mengakui keberhasilan Partai Demokrat dalam Pemilu dan Pilpres 2009 sangat ditentukan oleh figur SBY yang layak jual. Disadari juga tidak mudah untuk menemukan satu figur yang bisa sekuat SBY.

"Karena itu pilihan kami adalah perkuatan kelembagaan partai. Kedepan, kami tidak lagi mengandalkan satu atau dua tokoh kuat. Kami akan memunculkan banyak tokoh yang menjadi pilar partai," ujar politikus kelahiran Blitar ini.

Ditanya siapa saja kader PD yang dipersiapkan sebagai putra mahkota dalam Pilpres 2009, Anas engan menyebutkan. Ia hanya mengatatakan, pada saatnya PD pasti akan menyiapkan dari kader-kader yang selama ini sudah ada maupun yang akan masuk.

"Siapa yang akan dicalonkan sebagai capres, nanti ditentukan pasar di internal partai dan politik masyarakat. Yang pasti, kami berharap dalam lima tahun kedepan ini Partai Demokrat bisa lebih mandiri untuk memperkuat kelembagaan partai," kata alumni FISIP Unair ini. [beritajatim.com/ana]

No comments: