Thursday, July 16, 2009

Anas: SBY Pilih Kabinet Kerja Bukan Politik

(detik.com) Jakarta - Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrat Anas Urbaningrum meyakinkan, SBY akan menggunakan cara yang sama seperti ketika memilih Boediono sebagai wakilnya. Kabinet mendatang adalah kabinet kerja bukan kabinet politik.

"Kami yakin cara berfikir SBY seperti memilih cawapres itu akan dilanjutkan dalam membentuk formasi kabinet," ujar Anas dalam diskusi bertajuk 'Hitung-hitung Jatah' di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/7/2009).

Seperti salah satu kalimat yang diucapkan SBY pada deklarasi di Sabuga, Bandung, kabinet adalah forum untuk bekerja, bukan berpolitik sendiri-sendiri. "Boleh dikatakan kabinet yang dikatakan akan lebih tampil sebagai kabinet kerja bukan kabinet politik," jelas Anas.

Oleh karena itu, dalam menyusun calon, SBY akan menetapkan syarat solid internal. Di antaranya adalah loyalitas dalam tugas, kecakapan dan keterampilan dalam menyampaikan hal-hal teknis di dalam program-program pemerintahan.

Anas membayangkan, kabinet kerja yang akan diramu SBY akan mewakili partai dan kecakapan dari para calon anggota kabinet. "Untuk merangkul itu tak terlalu sulit karena partai-partai mempunyai (kader) kecakapan dan profesional itu," pungkasnya.
( amd / mad )

No comments: